Analisis Kinerja Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas Tambak Wedi Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya

Authors

  • Diana Rafiqa UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/politique.2023.3.1.57-67

Keywords:

kinerja, pelayanan publik

Abstract

Puskesmas merupakan salah satu unittpelayanan kesehatan terkecil dan terdepan yang mudah dijangkau dan terletak paling dekat di masyarakat jika dibandikan unit pelayanan kesehatan lainnya. Namun, meskipun Puskesmas sebagai unit pelayanan kesehatan terkecil di tengah masyarakat, Puskesmas tetap harus memberikan pelayanan kesehatan yang ideal dan berkesinambungan bagi masyarakat yang ingin berobat ataupun yang hanya ingin meminta syarat administrasi untuk berobat di fasilitas kesehatan lainnya yang lebih besar. Untuk menjadi Puskesmas yang memiliki kinerja pelayanan yang baik dan ideal, maka pada penelitian ini peneliti terfokus bagaimana kinerja pelayanan, respon masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas Tambak Wedi serta cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang terdapat pada Puskesmas Tambak Wedi. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan dua variabel teknik analisa data terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, pengumpulan data peneliti memakai observasi partisipan,dokumentasi, dan wawancara. Dalam kinerja pelayanan pada Puskesmas Tambak Wedi masih belum dikatakan baik karena masih terdapat dua dimensi yang belum bisa sepenuhnya dipenuhi oleh Puskesmas Tambak Wedi tetapi, sudah bisa dikatakan ideal, dikarenakan terdapat tiga dimensi yang telah dipenuhi. kriteria yang diharapkan oleh pengunjung dengan mengacu pada teori Tjiptono (1998:91). Salah satu faktor yang menjadikan pelayanan publik pada Puskesmas Tambak Wedi yang dirasa kurang baik adalah terdapat pada dari kinerja pegawai. Sikap yang kurang ramah dalam melayani setiap pengunjung terdapat dari kinerja pegawainya sehingga yang dirasakan oleh para pengunjung setelah mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Tambak Wedi masih merasakan beberapa pelayanan dari pegawai yang kurang memuaskan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-30

Issue

Section

Articles